Tips Jadikan Nafas Panjang & Suara Merdu

Keinginan manusia untuk mendalami, mengolah, memberdayakan dan menikmati suara yang merdu, indah, jernih, bening, melengking dan memikat ditunjang dengan kualitas nafas yang prima tak hanya terjadi diera modern kini. Dizaman Rosululloh SAW pun, peranan suara yang demikian bagus, nyaring dan menarik telah menempati posisi signifikan dalam upaya penyebaran agama Islam.

Ditunjuknya Bilal bin Robbah, salah seorang sahabat Nabi yang asalnya adalah dari golongan yang dihinakan yakni budak belia sebagai penyeru dan penyebar panggilan tuhan. Beliau Rosululloh SAW menjadikannya sebagai Mu’adzin (tukang adzan) pada masanya, salah satu sebabnya adalah karena suara Bilal yang bagus bersih dan jernih. Sehingga dengan demikian akan lebih menarik pendengarnya untuk datang memenuhi panggilan Ilahi guna memenuhi kewajiban sholat lima waktu.

Demikian halnya pujian Nabi SAW pada sahabatnya yang mempunyai suara merdu, bening, menarik dengan sebutan mizmar / clarionet Nabi Dawud. Hal ini adalah sebagai bentuk pujian yang luar biasa terhadap si empunya suara indah tersebut. Sebutan Mizmar yang dinisbatkan pada Nabi Dawud AS adalah karena Nabi Dawud adalah nabi yang paling bagus suaranya, merdu, nyaring, bening dan memikat hati sehingga dapat beliau manfaatkan untuk menyebarkan ajaran agama-Nya yang diwahyukan pada beliau.

Sahabat Nabi SAW yang bernama Abu Musa Al-Asy’ari adalah sahabat yang mendapatkan pujian diatas, yakni sebagaimana clarionet (sejenis serunai) dari clarionet–clarionet NabiDawudAS.Hal ini karena menurut Nabi Muhammad SAW suaranya Abu Musa Al-Asy’ari begitu indah, merdu, menarik, demikian juga melodinya sebagaimana suara Nabi Dawud AS yang menurut Nabi Muhammad SAW adalah pemilik suara paling bagus diantara umat manusia. Riwayat pujian ini sebagaimana ungkapan Nabi SAW kepada Abu Musa sebagai berikut :

يا ابا موسى لقد اوتيت مزمارا من مزامير داود (الحديث)

Artinya : “Hai Abu Musa, betul-betul engkau telah diberikan clarionet (sejenis serunai) dari clarionet-clarionet Nabi Dawud” (Al-Hadits).

Bahkan dalam riwayat lain disebutkan bahwa sahabat Nabi Muhammad yang lain yang bernama Husaid bin Hudhair RA, karena bagus dan indah suaranya ketika melantunkan ayat–ayat suci Al-Qur’an pada suatu ketika hingga menyebabkan para malaikat turun kebumi tertarik untuk mendengarkan kalam Ilahi tersebut, yang dibawakan dengan suara indah dan merdu disertai tata cara yang sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur’an yang benar (berdasarkan ilmu tajwid).

Disebutkan bahwa sahabat Husaid bin Hudhair RA tersebut, suatu ketika membaca Al-Qur’an, sedang disampingnya terdapat seekor kuda yang terikat dua tali. Tiba-tiba turunlah segumpal awan yang besar dari arah langit kearah Husaid bin Hudhair. Awan ini terus mendekat kearahnya hingga kudanya melompat–lompat dan lari setelah putus dari ikatannya. Maka pada esok harinya ia menyampaikan kejadian itu kepada Nabi Muhammad SAW, dan beliau bersabda :

تلك الملائكة دنت لصوتك

 

Artinya: “Demikian itu malaikat – malaikat yang menghampiri (engkau) karena suara engkau”. (Al-Hadits)

Demikianlah pujian Nabi SAW terhadap para sahabatnya yang mempunyai suara merdu, indah dan menarik yang telah dipergunakannya untuk menjadi sarana beribadah dan mensyiarkan agama-Nya.

Dalam sebuah hadits yang lain tentang isyarat pentingnya pemanfaatan dan mengusahakan suara yang bagus, indah dan menawan, beliau bersabda :

زينوا القران باصواتكم

Artinya : “Hiasilah bacaan Al-Qur’an dengan suaramu” (Alhadits)

Untuk itu sangatlah penting upaya untuk memperbagus suara, tak hanya untuk kepentingan dunia, seperti halnya untuk para penyanyi, tp juga untuk menunjang aktifitas dakwah yang tentunya untuk menunjang nilai ukhrowi juga.

Bagi yang berminat memiliki berbagai tips memperbagus suara dan memanjangkan nafas, silahkan miliki buku kecil kami yang berisi berbagai tips tersebut, hanya dg 75.000 saja, anda akan mendapatkan berbagai tips baik dengan mempergunakan ramuan alami, tekhnik olah nafas dll.

Berikut gambaran sekilas daftar isi buku ini :

DAFTAR ISI

KATA MUTIARA…………………………  2

KATA PENGANTAR..…………………… 3

DAFTAR ISI……………..………………..  6

URGENSI SUARA DAN NAFAS BAGUS            8

RAGAM PERNAFASAN………………….              21

  1. PERNAFASAN……………………                21
  2. ORGAN PERNAFASAN………….            24
  3. RAGAM SENI PERNAFASAN…..         36
  4. MANFAAT SENI PERNAFASAN..       44
  5. JADIKAN SUARA MERDU.…               46
  6. MENAMBAH WIBAWA……..                 50
  7. MENJAGA KESEHATAN……..              53
  8. BIKIN NAFAS PANJANG…….              56

CARA DETEKSI ADANYA GANGGUAN

ORGAN PERNAFASAN………………….              66

TIPS DAN RESEP ALAMI MENJAGA

KUALITAS PERNAFASAN………………            69

  1. MELAKUKAN TERAPI GURAH…        69
  2. MENJAGA KEBUGARAN………             70
  3. MENJAGA KESTABILAN EMOSI.       72
  4. MENJAGA POLA MAKAN………           75
  5. HINDARI MEROKOK…………….            77
  6. TERAPI AIR PUTIH………………            78
  7. TERAPI RAMUAN ALAMI………          80

RAGAM SUARA………………………….                 97

PERUBAHAN SUARA DAN SOLUSI……       102

  1. PENGGABUNGAN SUARA ……..        103
  2. HINDARI FAKTOR PENYEBAB

BERATNYA SUARA……………..                        105

TIPS DAN RESEP ALAMI

MENINGKATKAN KUALITAS SUARA..      107

  1. RESEP UTAMA: TERAPI GURAH      109
  2. RESEP ALAMI LAIN..……………          128
  3. IKHTIAR BATIN : BERDO’A…….        144

FOTO BAHAN DAN ALAT GURAH…….        148

FOTO PROSESI PENGGURAHAN……….        149

FOTO KAPSUL GURAH………………….           150

SENAM PERNAFASAN…………………..          151

KESEMPATAN EMAS……………………            154

DAFTAR PUSTAKA………………………            158

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: